4 Hal Menyebalkan dari Datang Bulan

Sebagai wanita memang sudah kodratnya mengalami datang bulan. Namanya juga datang bulan, sudah pasti datangnya setiap bulan. Ya walaupun untuk beberapa kasus beberapa orang mengalami perbedaan. Supaya lebih keren kita sebut period saja. Okay?

Meskipun sudah datang setiap bulan, namun terkadang kita masih sering cranky dibuat. Saya sendiri meskipun tidak selalu, nemun sering kali mengalami hal-hal yang menyebalkan ketika datang bulan. Lalu hal-hal apa saja yang menyebalkan ketika datang bulan? Ini yang saya alami.



1. Dysmenorrhea 



Cewek-cewek pasti familiar dong dengan istilah ini. Rasa sakit yang luar biasa pada area rahim yang terjadi pada hari pertama period. Saya sering menyingkatnya menjadi SPHP (Sakit Peruh Hari Pertama). Ya meskipun rasa sakit ini tidak selalu muncul pada hari pertama period, kadang ia muncul sebagai pertanda sebelum datangnya period. Bagi orang-orang yang kurang beruntung bahkan rasa sakit akan bertahan selama beberapa hari. Hii menyeramkan!

Beberapa orang beruntung mengaku tidak pernah merasakan SPHP. Saya tidak selalu mengalami SPHP memang, tetapi sekitar dua atau tiga bulan sekali saya mengalaminya. Rasa sakit maha dahsyat yang saya rasakan itu bahkan bisa membuat saya sampai demam dan menggigil. 

2. Acne breakouts


Sudah bukan rahasia lagi di kalangan wanita bahwa period  tidak semata-mata datang sendiri. Dia suka bawa teman. Banyak lagi. Apalagi kalau bukan jerawat? Sungguh menyebalkan!

Dan lagi-lagi hal ini tidak terjadi pada semua orang yang sedang mengalami period. Tidak adil bukan? Beberapa orang wajahnya tetap mulus-mulus saja tuh walaupun sedang datang bulan. Kecuali saya tentunya. Munculnya jerawat pada saat datang bulan adalah akibat dari hormon yang bergejolak.. Untuk saya, yang memang memiliki kulit sensitif yang mudah berjerawat, jangankan datang bulan wong tidak datang bulan saja, hampir selalu ada jerawat yang bersemayam di wajah. Hvft. Dan ketika bulan datang, maka datang pula lah jerawat dalam jumlah yang berkali-kali lipat. Ampun deh :(

3. Mood swing



Banyak yang bilang kalau wanita yang sedang datang bulan cenderung memiliki mood yang buruk. Saya sendiri merasa tidak terlalu sering merasakan perubahan mood  yang signifikan ketika datang bulan, namun pernah memang suatu kali saya mengalami ini. Rasanya itu seperti mau menyangkal semua yang diomongkan oleh orang lain dan hanya saya lah yang benar di muka Bumi ini. Ahahah.


Imbas jeleknya mungkin bukan orang yang sedang datang bulan yang merasakan, tetapi orang yang berada disekitarnya. Teman, saudara, orang tua, bahkan pacar. Hihihi. Kasihan betul ya.

Wajar memang kalau wanita haid memiliki mood yang buruk, bayangkan saja sudah mengalami sakit perut tak tertahankan, masih harus berdamai dengan jerawat pula. Hvft.

4. Lecet-lecet sekujur tubuh


Hal ini lebih disebabkan oleh larangan memotong kuku ketika datang bulan. Ya di agama saya seperti itu. Maka dari itu, bisa gawat sekali kalau saya sampai lupa memotong kuku sebelum datang bulan. Kebiasaan menggaruk sesuka hati bisa menimbulkan luka-luka yang lumayan bikin periiih.

Selain itu karena memang saya tidak menyukai kuku panjang, kesannya jorok dan kotor. Dan saya cuma bisa pasrah menunggu selesai datang bulan kalau memang lupa memotong kuku sebelumnya.

Setiap wanita mungkin memiliki masalahnya masing-masing ketika harus berhubungan dengan datang bulan. Namun saya kira hal-hal di atas adalah hal yang umum dirasakan oleh sebagian besar wanita di muka Bumi ini.

Boleh banget loh kasih tau saya masalah kamu di kolom komentar.

Selamat berakhir pekan, see ya ;)

Komentar

  1. Saya juga kalo 2 hari pertama pasti ngerasain keram perut, mual, pusing parah dan maunya tiduran terus mbak. Bahkan sampe suka gak mau makan karena pengennya tidur mulu huhu

    BalasHapus

Posting Komentar