BTS Love Yourself 結 'Answer' Album Review

ini kali pertama saya mereview sebuah album musik. ini juga adalah kali pertama saya membeli album musik. ini  pertama kalinya saya jatuh cinta begitu dalam dengan k-pop band sampai rela beli albumnya yang mahal. fyuh

Love Yourself  結 'Answer' merupakan album ketiga dari seri album Love Yourself. seri pertama adalah Love Yourself 承 'Her' dan kedua Love Yourself  轉 'Tear'.


album ini merupakan album repackage yang berisi lagu baru dan lagu lama yang diaransemen ulang. dua puluh lima lagu yang terdiri dari tujuh lagu baru dan delapan belas lagu lama terbagi ke dalam dua CD.

1. Appearance  

album ini berukuran 20.5 cm x 14 cm x 1.5 cm. sedikit lebih kecil dari buku tulis A4. sampulnya berwarna putih holographic yang super duper aesthetics. ini juga yang menjadi alasan kuat saya akhirnya membeli album ini. cantiknya nggak kira-kira!


di sebelah kiri atas sleve terdapat logo  LOVE YOURSELF yang memang sudah digunakan sejak seri album Love Yourself yang pertama. di kiri bawah terdapat tulisan  結 di bagian atas dan 'Answer' di bagian bawah. di tepi sebelah kiri berurutan dari atas adalah logo BTS, logo LOVE YOURSELF diikuti kata 結, pola album berbentuk hati dan versi album. dan semuanya holographic!

sayangnya ada sedikit kesalahan saat mencetak sleeve album ini yaitu, tulisan di tepi buku yang seharusnya adalah  結 malah tercetak  轉. dan karena kesalahan ini perilisan album sempat mau ditunda loh, tapi karena mereka nggak enak udah terlanjur janji sama ARMY jadi perilisannya tetap sesuai jadwal. sebagai gantinya  para ARMY yang kebetulan mendapat cetakan sleeve yang salah (seperti saya) dapat meminta sleeve yang benar dengan menscan barcode yang ada di dalam album. selain itu selebihnya sleeve album ini perfect!


super aesthetics! *tepuk tangan*

rate: 4.8/5

2. Whats inside?


  • CD
namanya juga album musik ya, tentu harus ada CD yang berisi lagu-lagunya dong ya. dan di album ini karena lagunya lumayan banyak jadi ada dua buah CD. adapun daftar lagu-lagu dari masing-masingg CD bisa dilihat di sampul belakang photobook. 


yang saya kurang suka adalah CD-nya itu diselipkan di bekalang sampul depan dan belakang, jadi kurang rapih dan di sampulnya jadi berbekas bentuk CD. untuk kepinyan CD-nya sendiri dewi lah cantiknya. tetep holographic dan ada pola hati sesuai versinya. 

apa kamu ingin dengerin lagu-lagunya tapi nggak punya album fisiknya? tenaaang, kalian bisa dengerin gratisan di JOOX dan Spotify atau bisa beli juga di iTunes ya! karena sejujurnya walaupun saya punya album fisiknya, belum pernah sekalipun saya putar CD-nya :"[


later on saya akan membuat review lagu-lagunya juga. bilang di kolom komentar ya kalau kamu juga tertarik!

rate: 3.5/5

  • Photobook: 
satu full set album Love Yourself  結 'Answer' terdiri dari empat versi photobook yaitu S, E, L, dan F. membentuk kata SELF, sama seperti kedua album sebelumnya Love Yourself  承 'Her' terdiri dari empat versi yaitu L, O, V, E, dan Love Yourself  轉 'Tear' terdiri dari versi Y, O, U, dan R. jadi jika semua digabungkan dari awal akan menjadi L O V E Y O U R S E L F! *tepuk tangan* Bighit emang jenius banget. 


selain itu setiap versi memiliki pola hati yang berbeda di sampulnya, dan jika dijejerkan akan bersambung menjadi rankaian pola hati yang indah! ini juga sih yang membuat saya kekeuh beli album sini fullset. iya nggak tega kalo harus misahin hati-hati itu. 



masing-masing photobook terdiri dari 116 halaman yang terbagi menjadi dua bagian yaitu concept photo dan lirik lagu. oiya foto-foto ini bukan sekedar foto loh. selalu ada pesan yang ingin mereka sampaikan lewat itu. dan saya nggak akan ngomongin itu d postingan ini ya, karena bakal panjang banget. cukup kasih tahu aja kalau kamu tertarik untuk aku review lebih dalam concept photo mereka di kolom komentar. 




yang saya kurang suka dari photobook ini adalah lebih dari setengah ini adalah lirik lagu. bisa dilihat dari foto di atas. kertas yang putih bersih adalah halaman yang berisi lirik lagu. lebih tebal dari pada halaman yang berisi foto-foto. jadi foto-foto Bangtan ku dikit gitu :(


rate: 4.5/5

  • The Notes
The Notes ini adalah booklet kecil berukuran 9 x 12 cm. dua puluh halamannya berisi cuplikan peristiwa-peristiwa yang membangun kronologi Bangtan Universe. pokoknya kalo ngomongin teori Bangtan Universe ini rumit dehh. ini aja seri album Love Yourself nya sudah selesai tapi rangkaian cerita di Bangtang Universe-nya masih menggantung.

sayangnya The Notes ini isinya full Hangul. jadi cuma yang paham Bahasa Korea aja yang bisa baca, dan saya nggak. 


rate: 4/5
  • Photo Card
setiap versi album dilengkapi dengan tujuh photocard member BTS yaitu, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook. jadi total semua photocard adalah dua puluh delapan photocard yang disisipkan secara random sesuai dengan versi albumnya.

kalau dibalik di belakang photocard-nya juga ada pola yang terhubung dengan cantik jika semua disatukan. seperti gambar di bawah. photocard yang berwarna adalah yang saya dapat. ada yang bisa nebak saya dapat photocard-nya siapa?


rate: 4/5
  • Stickers
stiker yang super kyowo (korean: cute) ini bakal kepake banget deh buat nandain barang-barang milik kita seperti laptop, tumbler, kotak nasi dan lain-lain. ini juga bisa dibikin custom phone case. tinggal beli case bening terus ditempel-tempel gitu. duh ngebayanginnya aja udah exited saya. nanti akan saya posting deh hasil DIY-nya. *super exited*



rate: 5/5
  • Special Photo Card
nah untuk special photocard nggak semua album dapat nih. special photocard ini diselipkan secara random hanya ke beberapa album saja. jadi kalau orangnya ngga lucky-an kayak saya ya nggak akan dapat :"(

rate: -
  • Posters
posternya juga ada empat sesuai versi dong. so far my favorite is the E version one! fairy like concept. super yeppo! 
dari kiri atas versi S, E, L,F

rate: 5/5


  • Album Suvey
adalah barcode yang bisa kita scan untuk menukarkan sleeve yang salah cetak. sebelum menerima album ini ekspektasi saya album survey nya akan seperti di album Tear yang memang betul-betul survei dan diakhir survei ada greeting dari salah satu member. tapi ternyata aku salah huhu.

rate: 3/5
  • Flyer
yang berisi, sepertinya pengumuman audisi Bighit. iya Hangul semua saya nggak bisa baca T.T

3. Songs

quick review aja kali ya. saya suka sama semua lagu di album ini. mau lagu baru mau lagu lama yang diaransemen ulang semuanya bagus. lagu lama yang diaransemen ulang sih gila bisa beda banget gitu sama versi aslinya, makin keren gitu. 

maaf banget saya nggak akan review secara mendalam lagu-lagunya. selain karena udah kepanjangan sejujurnya review ini lebih merupakan review terhadap fisik albumnya saja. mungkin nanti akan saya review secara terpisah. 

rate: 5/5

4. Photocards I got!

yak sampai juga ke bagian yang paling mendebarkan dari album BTS, yas photocards. karen bias saya adalah Park Jimin, saya ngarep banget nih dapat photocard-nya dia. yuk kita lihat aja!
  • S Version
untuk versi S ternyata saya dapat photocard-nya...
*drududum drududum*



yass RM alias Kim Namjoon alisa uri leader nim alias translatornya bangtan kalau ke luar negeri. dengan pose selfie ngedip sebelah mata andalannya.

lihat juga preview Love Yourself 結 'Answer' Concept Photos S Version
lihat juga preview Love Yourself 結 'Answer' Concept Photos S Version
  • E Version
dapat photocard-nya siapakah saya di album versi E ini?

*jeng jeng jenggg*



J-Hoooooooooooope alias hoseok alias mister sunshine yang selalu bersinar mau siang ataupun malam. saya udah bilang kan ya kali concept photos yang versi E ini favorit saya. tapiiiiii, saya agak kurang sreg gitu sama photocard-nya. agak gelap dan kurang HD fotonya. asal kalian tau aja ya, buat seorang fangirl foto (dan video) HD adalah segalanya~

lihat juga preview Love Yourself 結 'Answer' Concept Photos E Version
lihat juga preview Love Yourself 結 'Answer' Concept Photos E Version
  • L Version
ini nih yang laaaaav banget walaupun saya nggak dapat Jimin tapi saya bahagiaaaa! hayo siapa yang bikin saya sampai sebahagia ini?

adalah....



siapa lagi coba yang bisa bikin aku sebahagia ini? siapa lagi selain dia? siapa lagi selain Jungkook allis hwanggem magnae alias si bungsu kesayangan alias Gloden Closet Director? photocard versi L ini khan maen sih. udah HD, closed up lagi! gimana nggak bahagia?

  • F Version
inilah satu-satunya harapan untuk mendapatkan photocard-nya Jimin. tapi kan ya namanya juga manusia ternggaklucky sejagad fandom K-pop saya nggak berharap banyak.

dan ternyata saya dapat...



Mas Agus dong jodoh saya! alias SUGA alias Min Yoongi alias lil meow-meow. 

lihat juga preview Love Yourself 結 'Answer' Concept Photos F Version
lihat juga preview Love Yourself 結 'Answer' Concept Photos F Version

seneng sih dapat photocards dari member yang beda-beda, cuma sedih juga nggak dapat bias saya Park Jimin.  mungkin ini adalah pertanda saya disuruh beli album yang lain :(

nah kira-kira begitulah 5% review dan 95% fangirling dari saya. semoga kalian jadi pengen beli(in saya). muehehew

ohiya saya nggak beli album ini sendiri ya, tapi dibantu sama @bangtanstore13 di twitter. ownernya ramah dan murah hati saya juga dikasih freebies ini sama mereka. makasih Farah!


sampai jumpa di review  Bangan stuffs selanjutnya. *dadah dadah* *finger hearts*

Komentar

  1. Ternyata bonus album KPOP banyak sekali ya. Rame. Album/single JPOP yang biasanya saya beli mentok bonusnya 1 item saja. Seneng lihat review album/single fisik seperti ini, meski tidak ikut ngefans, hehe :D *malah salah fokus ke bonusnya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo~
      makasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan berkomentar :)
      bonusnya sesuai dengan harganya yang mahal sih ya. jadi kalo dapet CD doang kan sedih heheh

      Hapus
  2. Aku bukan penggemar kpop, liat bonusnya seabreg jadi pen beli -_-
    Lemah aku kalo soal bonus2an. hahahah Beli sabun cuci piring dpt piring yg katanya cantik tapi menurutku ga cantik2 amat aja aku beli.. ya karena itu bonus kan.. mayan. haha elah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan. apalagi yang kpoper kayak sayaa. lemah mbak lemah :(((
      kalau soal sabun cuci sih, daripada beli yang gak berbonus kan ya mending beli yang ada bonus. lumayan juga bonusnya piring yang tidak cantik-cantik amat tapi berfaedah :))

      Hapus

Posting Komentar