Suspect Hyperthyroidism? Gangguan Kelenjar Tiroid?

halooow anyeong haseyo yeorobun, kali ini saya kembali setelah sekian lama. tapi membawa kabar duka :(

nggak kok nggak duka duka banget, cuma ya agak bikin sedih :')

jadi semuanya berawal dari rasa lelah saya yang tak kunjung reda. beberapa bulan ke belakang tubuh ini emang diforsir dengan kerjaan yang nggak putus-putus (beda sama hubungan ku dan dia yang ... ah sudah lah) 

mulai dari awal oktober-november hampir tiap hari lembur ngurusin seminar, selang dua hari seminar selesai lanjut workshop empat hari nonstop, belum behind the scenenya yang walopun cuma seminggu tapi sungguh amatlah padet sekali. abis itu deadline terbit jurnal akhir desember (yang sampe sekarang pun belum kelar-kelar ㅠㅠ)

saya yang biasanya anti sakit-sakit club mendadak jadi orang terlemah sedunia (halah lebay) tiap pulang kerja tenaga serasa habis, pengennya rebahan aja pokoknya mah. gerak dikit capek. naik tangga satu lantai doang ngos-ngosannya kek maraton 10 km. lebay banget dah pokoknya.

tapi saya sama sekali nggak kepikiran kalo sebenernya saya tu sakit. cuma mikirnya, ah mungkin kecapean kerja, ah mungkin kurang olah raga, ah mungkin karena patah hati (eyaaa)

sebenernya udah agak lama sih ngerasain ada yang aneh sama tubuh ini. napas sesak dan berat, suara jadi makin ngebass. bahkan beberapa temen sempat berkomentar kenapa "kok suara mu berubah?" tapi saya dengan santainya jawab "suaraku emang gini kok dari dulu" sangkal aja teross sangkal. tanpa tahu sebenarnya memang ada yang salah dari tubuh saya :(

semua baik-baik aja (setidaknya itu yang saya pikirkan), sampai suatu hari di awal bulan desember yang amat sangat panas di Jogja, diriku tak kuasa lagi menahannya. ku ambil lah rambut segenggam, kupotong sama panjang~

eeh pendek ding, kira-kira di atas bahu sedikit.

sebenernya potong rambut ini bukan cuma karena nggak tahan panas sih, tapi emang rambut saya udah rontok nggak sante beberapa bulan ke belakang. udah nyaris botak lah pokokmen :( psst, kira-kira 0.0123% nya karena patah hati ㅠㅠ

singkat cerita beberapa hari setelah potong rambut, temen saya menemukan kejanggalan di leher saya. yup leher saya bengkak ㅠㅠ dan lumayan juga loh bengkaknya. cuma entah kenapa saya nggak pernah menyadarinya ㅠㅠ

foto hanya pemanis buatan yang saya ambil dari sini

kata temen saya "nis lehermu kok bengkak" "jangan-jangan sakit kayak ibuk ku dulu?"

tanpa pikir panjang keesokan harinya pergilah saya ke klinik GMC di dekat kantor. dan ya karena faskes satu bpjs saya juga di sana.

setelah saya menyampaikan keluh kesah kepada dokter, saya perlihatkanlah pembengkakan yang ada di leher, spontan dokter berkata "wah ini sih harus saya rujuk dik" saya dalam hati 'serius dong berarti ㅠㅠ'

kemudian saya lanjut nanya "emangnya apaan dok?" dokter jawab "sepertinya kelenjar gondok ya dik, ini harus saya rujuk ke penyakit dalam" sembari menuliskan "hyperparathyroidism unspesified" di surat rujukan saya.


keesokan harinya saya lanjutkan petualangan berobat saya ke RSU Sakina Idaman, yang juga tidak jauh dari kantor. RSU Sakina Idaman ini merupakan rumah sakit tipe c. yep, karena saya adalah pasian bpjs jadi memang harus panjang gitu proses rujuk-merujuknya.

di RSU Sakina idaman saya ketemu dr. Isti Hariyanti, Sp.PD. setelah saya menjelas gejala-gejala yang saya alami, dokter memeriksa bengkak di leher saya. dokter Isti pun mendiagnosa saya dengan hipertioroidisme. sayangnya peralatan di RSU Sakina Idaman ini belum memadai untuk diagnosa lanjutan saya. yap meskipun gejala yang tampak kasat mata mengarah kepada hipertiroidisme tapi pemeriksaan lebih lanjut tetap harus dilakukan. salah dua pemeriksaan lanjut yang saya tau dari baca-baca adalah cek darah dan usg.

jadilah saya dioper ke RS Panti Rapih. nah karena diriku yang newbie di dalam dunia per-bpjs-an duniawi, dengan bodohnya menunda-nunda daftar ke RS Panti Rapih. daftar tanggal 16 Desember 2019, dapet giliran tanggal 15 Januari 2020 nunggu sebulan yeorobun ㅠㅠ

nah kira-kira gitu kronoligisnya. sebenernya masih pengen curhatin perasaanku di sini, tapi daripada kepanjangan nanti saya sambung di part 2 aja deh. heuheu semoga kelakon :D

Komentar

  1. Duh, Niiss...
    Semangattttt berobatnya!
    Semoga hasil pemeriksaannya bagus dan lekas sehat yaa! :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you chinggu yaa :')
      amiin amiin untuk doa2nya :)

      Hapus
  2. Semoga cepat sembuh ya mba dari sakitnya :)
    Makan yang teratur dan istirahat yang cukup~
    Ditunggu cerita lanjutannyaaaa <3

    BalasHapus

Posting Komentar