FLAWLESS MAKEUP ALA GADIS KOREA

yes i am crazy about korea these days. korean drama and k-pop is addictive. and i just love the way they dress up, make up. natural and flawless not too much. it fits my taste perfectly. 

nah kebetulan sekali hari ini saya main ke kosan teman, dengan janji dia mau dandanin saya karena sebentar lagi saya wisuda. lagi. iya, kalau agustus lalu saya wisuda kampus sebagai mahasiswa, kali ini saya wisuda di pesantren sebagai mahasantri. begitulah kira-kira.

oh iya perkenalkan dulu, ini teman saya namanya anisa. kalau saya kan annisa. nah untuk dandan ala gadis korea, menurut saya wajah dia sangat pas. selain karena kulitnya yang terang dan mulus, matanya juga seperti one eyelid seperti kebanyakan gadis korea. cuma kurang sipit aja.

jadilah setelah saya didandani oleh dia, gantian saya yang mendandaninya. kira-kira begini hasilnya:


nah penasaran kan bagaimana cara saya mendapatkan look ini? pokoknya harus penasaran. *ehehe anaknya suka maksa* yuk langsung saja kita bahas langkah-langkahnya.

Bare face


perlu sekali untuk diingat dan dipraktikkan, bahwa sebelum melakukan rias wajah, wajah harus terlebih dulu dibersihkan dengan baik. untuk hasil yang maksimal gunakan double cleansing method, yaitu metode membersihkan wajah ala korea juga. selengkapnya akan saya tulis di kiriman selanjutnya  ya.

setelah itu kita bisa menggunakan pelembab atau skin care yang biasa kita gunakan untuk membatasi kulit kita dengan make up. voila! siaplah wajah untuk dirias.

The primer


primer ini adalah dasarnya dari dasar makeup. maksud saya, primer ini digunakan sebelum alas bedak a.k.a foundation. fungsinya adalah untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan membuat wajah tampak lebih mulus. nah kalau wajahmu tidak terlalu berminyak dan sudah cukup mulus, langkah ini bisa dilewati saja.

primer yang saya gunakan adalah Stay Matte Makeup Primer dari Rimmel. memiliki efek mattifying a.k.a ya tadi itu membuat wajah jadi lebih matte a.k.a tidak berminyak.

The foundation


untuk kulit terang anisa, saya menggunakan alas bedak Fit me! dari Maybeline nomor 128. juga punya efek mattifying dan poreless a.k.a menyamarkan pori-pori. untuk warna alas bedak, sebisa mungkin pilihlah yang sama dengan warna kulitmu. agar hasilnya tampak lebih alami.

untuk mengaplikasikan alas bedak bisa menggunakan jari saja, sponge, atau kuas. kalau favorit saya sih menggunakan kuas. karena hasilnya lebih smooth dan sama rata.

Concealer/highlight


consealer ini gunanya adalah untuk mengoreksi bagian-bagian wajah yang kurang sempurna. seperti noda hitam bekas jerawat dan mata panda. selain itu juga bisa digunakan untuk highlighting dahi dan tulang hidung agar nampak lebih mancung.

caranya, ambil secukupnya dan oleskan pada daerah yang ingin kamu koreksi atau highlight. kemudian ratakan dengan jari, sponge, atau kuas. warna concealer sebaiknya satu tingkat lebih terang dari warna alas bedak.

Cream blush


untuk perona pipi a.k.a blush on saya menggunakan Cheeklit cream blush dari Emina. warna peachnya cocok sekali untuk dandanan ala korea. terkesan lembut dan alami.

karena perona pipi ini bentuknya krim, maka digunakan sebelum menggunakan bedak. cukup ambil sedikit di ujung jari, kemudian totol-totolkan di tulang pipi secara merata. untuk dandanan ala korea tidak perlu pipi yang merah merona, cukup tipis saja supaya terlihat alami. 

Bedak tabur


nah ini dia bedak tabur favorit saya, Marcks'. murah dan isinya banyak, jadi sangat awet. selain itu juga aman untuk kulit sensitif.

kalau sebelumnya sudah menggunakan alas bedak yang sesuai dengan warna kulit, selanjutnya untuk bedak sebaiknya gunakan bedar tabur no color a.k.a transparan tanpa warna. supaya apa? supaya warna wajah kita yang sudah klop dengan alas bedak tadi tidak berubah lagi.

The brows


alis gadis-gadis korea biasanya lurus saja tanpa ada tikungan tajam. nah jika alis kamu ternyata nggak lurus-lurus amat seperti gadis korea, cobalah untuk menggambar alis senatural mungkin. caranya ikuti saya bentuk asli alis kamu dan jangan mengarsir terlalu tebal. 

yang saya gunakan di sini adalah pensil alis merk Viva warna coklat. kalau menurut saya warnanya terlalu terang, jadi terlihat kurang natural. saya lebih suka warna coklatnya pensil alis merk Just Miss.

Eye shadow


untuk riasan mata saya menggunakan eye shadow palette dari Wardah seperti yang ada di foto. untuk riasan mata ala gadis korea, satu palette ini saja sudah cukup kok.

caranya gunakan yang tengah untuk seluruh kelopak mata. kemudian yang lebih gelap untuk outer v dan mata bagian bawah. dan yang pink untuk bagian crease.

Mascara


untuk menambah volume bulu mata dan membuatnya terlihat lebih panjang saya menggunakan mascara Hyper Curl dari Maybeline. mascara ini waterproof dan tahan lama. efeknya adalah sulit untuk dibersihkan. jadi saya nggak merekomendasikan mascara ini untuk digunakan sehari-hari.

Lips


sebelum menggunakan lipstik terlebih dulu gunakan pelembab bibir. supaya apa? supaya bibir lebih lembab dan siap untuk menerima lipstik.


untuk membuat aksen ombre lips ala gadis korea, lip palette dari wardah ini cocok sekali. warnanya lebih dari yang ringan sampai merah gelap.

caranya poleskan warna lipstik yang ringan ke seluruh bagian bibir, kemudian poleskan warna yang merah gelap di bibir bagian dalam sampai terbentuk kesan ombre.

and this is the final result.


sekarang anisa sudah siap ikut audisi SM Town. hooray!

Komentar

Posting Komentar