Tiga Hal yang Jadi Identitas Santri


Assalamualaikum...
Dih tumben-tumbenan kan gue pake salam dulu. Udah kayak mau masuk rumah calon mertua aje. Iye bukan ape-ape, postingan gue kali ini bakal ngebahas santri dan gaya hidupnye di pesantren. Ni kenape lagi gue sok kebetawi-betawian. Belibet ni lidah.
Oke daripada lo semua gak ngerti arah postingan gue, mending gue ceritain dikit latar belakang postingan ini. Semoga gak kepanjangan yang ceritanya. L
Gue Nisa (kenalin) mahasiswi semester dua jurusan mikrobiologi di Gadjah Mada. Hijrah dari Palembang (tepatnya Sekayu) ke Jogja 7 Juni 2012 lalu (udah setahun lebih men!). di Jogja gue tinggal di pesantren (atas paksaan bokap tentunya).
Nah udah agak kebuka kan identitas gue. Jadi selama hampir setahun (sejak 1 September 2012) gue stay di pesantren ada beberapa hal yang gue amatin tentang para santriwati (karena gue tinggal di pesantren yang isinya cewek doang) dan gaya hidup mereka (gue udah termasuk nih).
Santri itu identik dengan..
Al awwalu- utawi bab kang awal.. eh sorry malah kebawa maknanin kitab. Hehe.
  1. Tukang Molor 
    coba tebak gue yang mana?
    Di kelas molor, lagi ngaji molor, di kamar molor, ke kosan temen numpang molor. Itulah cerminan diri gue, em dan sebagian banyak santriwati temen-temen gue.
    Gimana gak molor, nih ya kegiatan santri tuh super padat. Kalo anak kosan biasanya pulang ngampus sore-sore bisa leha-leha, jalan-jalan refreshing atau ngerjain tugas kuliah, kita tuh enggak bisa. Pulang dari kampus udah sore, kemudian mandi bersih-bersihin badan, makan sore, dan istirahat bentaran banget. Ba’da magrib kegiatan pondok pun diimulai, pukul 19:00 s.d. 20:00 masuk kelas madrasah diniyah, pukul 20:00 s.d. 21:00 ngaji Al Qur’an, pukul 21:00 s.d. 22:30 baca kitab disetorin ke ustadz/ah. Daaaaan... kalau pun ada tugas kuliah kita baru bisa ngerjainnya pukul 23:00 dst sampe pageeee!
    That’s why gak ada kata tidur awalan untuk para santri. So kalo lo punya mergokin temen lo yang santri ketiduran di kelas. Maklumin aje. Gue sering kayak gitu kok –“
    Pernah loh kami ada kegiatan khotmil qur’an. Dan hampir dua bulan persiapan khotmil qur’an, kegiatan pesantren baru berakhir paling cepat pukul 23:00. Ajib gak tuh. Gue aja gak pernah tidur malem, tidurnya dini hari mulu. *puk puk mata indah bola ping pong ku*
  2. Tukang Makan Banyak
    hiks gambarnya lebih mirip lagi nyuci bareng ya? udeh anggep aja mereka lagi makan. plis!
    Eists jangan kira santriwati yang nota bene berbadan langsing, kayak gue gini, makannya porsi kecil loh. Itu tu santri-santri yang keliatannya aja kalem, mereka kalo makan susag dibedain mana santri mana kuli bangunan. Sumpah! (ini pengakuan).
    Emang sih jatah porsi makan yang kita dapet dari pondok mayan dikit. Tapi kita gak jarang juga ngelebihin ambil nasinya. Kriminal emang, tapi teteup dong urusan perut number one lah. Dan geu sih yakin pengasuh pondok gak bakal marah kalo pun tahu. Dan eh gak jarang juga kita ijin buat ngambil porsi lebih, seringnya kalau mau buat sahur. Kan gak mungkin gak dibolehin. Hehe.
    Gak jarang ada ortu temen sekamar yang berkunjung dan membawa buah tangan. Pas ortu mereka masih di kamar sih kitanya kalem dulu, sok-sok nolak kalo ditawarin. Tapi, tepat langkah ketujuh mereka meninggalkan kamar ludes deh itu buah tangan disikat sama kita-kita. 
  3. Tukang Garuk-garuk
    item banget, udeh anggep aja dia rasnya emang negro
    Ada yang bilang kalo ‘belum sah jadi santri kalo belum pernah gudikan’. Itu loh penyakit kulit, semacam gatal-gatal. Iya rata-rata santri emang harus gudikan dulu, katanya juga ‘kalo udah pernah gudikan sekali aja, mau nyantri dimana pun kita udah kebal’. Kakak gue (mas Bagus)  dulu juga nyantri, dan pas dia pulang bawa koreng. Gue yang masih unyu-unyu belia pun ketularan. Hiks!
    Mungkin karena dulu gue udah pernah gudikan, jadi pas sekarangnya gue nyantri gak perlu gudikan lagi deh. alhamdulillah.
    Eits garuk-garuknya santri gak berenti sampe tangan dan kaki yang gudikan doang. Iya kepala juga. Karena apa? Kutu!
    kurma: kukur kukur olih tumo
    Kutu ini sangat mudah merebakdari kepala-ke-kepala, karena emang kita tidurnya nyampur. Berbagi kasur, bantal dan selimut. So sweet banget lah.
    Kalo lo nanya gue pernah kutuan atau gak? Jawabannya pernah! Tapi tenang geu dan temen-temen sekamar gue udah membasmi habis itu kutu-kutu jahannam. Hahahaha!

    Jadi gitu deh. beberapa kebiasaan yang hampir pasti ada pada diri seorang santri. Dan kalo derajat kesantrian sorang santri diukur dari hal-hal tersebut. Gue udah 100% santri.
    So how santri you are? 


    ps: itu gambarnya gue gambar sendiri pake aplikasi line brush.

Komentar

  1. wkwkkwkw asem..
    gue juga santri wey...
    gue tambahin..
    santri itu hobinya bermalas-malasan
    dan ngitung kapan pulang..

    kwkwkkw salam kenap mbak nisa :)

    BalasHapus
  2. iya malas-malasan kalo libur, itung-itung bayar utang tidur...
    emang iya masa temenku sampe detil ngitung
    H-273 pulang, hiks :"(

    eh jangan panggil mb, panggi nisa aja cukup :)) salam kenal juga Rizki!

    BalasHapus
  3. hahaha lucu banget critanya kak, terutama yg bagian gudikan itu XD

    salam kenal ya mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya untung gue gak gudikan. jadi nggak ngerasa kamu ketawain deh :D salam kenal juga :))

      Hapus
  4. Alhamdulillah saya bukan santri! :D

    Saya alumni matematika UGM dan memang kalau kehidupan santri digabung dengan kehidupan kampus harus pinter2 akrobat bagi waktu. Kalau nggak badan yang remuk ya tugas-tugasnya remuk. Hehehe. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih kakak tingkat nih. :D
      iyanih badan emang remuk.aku sih daripada ngorbanin badan ngerjain tugas sampe pagi mending kerjain di kampus atau nggak ngerjain :((

      Hapus
  5. Dari 1-3 gue emang ngalamin banget. Karena gue juga sempet nyantri waktu SMP selamat 3 tahun. wajar aja kalo gitu. Tapi ada kok temen gue yang gak gudikan. Doi emang super duper bersih banget sekali.
    Etapi itu ngajinya gak kebanyakan? Gue lebih longgar sih daripada itu hehe
    Jadi inget pas pesantren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha pasti temen lo itu antimainstrem banget ya :D
      smp dan sma gue gagal nyantri nih. jadi sekrang deh pas udah kuliah.
      emang segitu. malah ada ngaji pagi 5:30 s.d 6:00
      dan ngaji sore 16:00 s.d 17:00
      menguraaaaas tenaga :))

      Hapus
  6. Ekstrem deh... biasanya kalo makan cepet :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu belum semuanya loh --'
      dan emang makannya harus cepet atau ntar dibantuin sama temen (dia makan jatah kitaaa!!) :D

      Hapus

Posting Komentar