Fungsi Layer di Photoshop

holaaaa. ini postingan keempat gue per tanggal 28 januari 2014. muak-muak deh lo ngeliatnya -___-

well kali ini gue mau bahas tentang layer di photoshop yang tentu aja dari sudut pandang gue. plis buat pakar photoshop jangan ngetawain postingan gue ini. T__T

awalnya gue mikir apa sih fungsi layer di photoshop tuh? kayaknya nggak sekrusial fungsi tool-tool lain brush tool, selestin tool, eraser, dan lain-lain. kayaknya nggak usah ada layer aja nggak papa. nggak penting.

dan hey ternyata gue salah besar super besar duper besar mega besar men! layer itu penting banget dalam photoshop. gue sendiri sih baru nemuin satu fungsinya setelah beberapa kali bereksperimen ngewarnain sketsa gue di photoshop. apa itu?

layer itu berguna banget buat pewarnaan men. dan yang gue lakuin di sini adalah pewarnaan menggunakan brush tool. nah kalo make brush tool kan nggak bisa rapi dan pas di garis tuh. fungsi dari layer di sini adalah melindungi layer dibawah layer yang sedang kita warnain supaya nggak ikut ke-erase kalo kita mau nge-erase warna yang belepotan tadi.

bingung? iya sih gue juga bingun gimana mau jelasinnya. soalnya peralatan minim nih jadi nggak bisa di-capture gitu.

oke gue jelasin pelan-pelan. pertama lo punya sketsa polos. pengen di warnain kan ya di photoshop. katakanlah sketsa lo itu adalah gambar cewek manis yang berjilbab (re: gue). nah pertama-tama lu bikin layer baru buat ngewarnain kulit (misalnya) pilih dah tuh warna kulit. bistu make brush tool silakan di gores-goreskan di atas bidang (kulit). (jangan lupa buat ngerubah option layernya dari normal jadi multiply yah, biar lebih gampang) belepotan? jangan khawatir hapus aja make eraser. mainin juga zoom dan size brushnya. nah di sini walaupun elo ngehapus warna yang belepotan tadi sketsa lu yang di layer sebelumnya nggak bakal kehapus.

selanjutnya lu tinggal ngewarnain baju, jilbab, sepatu dan lain-lain dengan mengulangi langkah-langkah tadi. gunakan sebanyak-banyaknya layer yang elo butuhin!

fyi aja gue baru anak kemaren sore banget soal mainin photoshop. dan ini baru satu keajaiban yang gue temuin dari photoshop. berharap seterusnya banyak keajaiban yang bakal gue temuin :'))

foto di atas itu hasil eksperimen beberapa hari yang lalu. sama sekali nggak main layering. cuma brush-brush asal-asalan doang. :(

nah foto yang ini baru gue selesein barusan dan fyi aja gue make 15 layer. hehehe masih dikit kok. :D

wich one do you love? top or bottom?


Komentar

  1. egak suka photoshop ah, ribet. enakan pake camera 360 :') *abaikan*

    BalasHapus

Posting Komentar