Guru Gambar dari Dunia Maya

duuuh produktif bener ya gue januari ini ^^ sepagi ini aja udah dua postingan coba. bukan apa-apa sih karena emang gue ;agi liburan dan mumpung dapet pinjeman modem bwahahaha..

di postingan kali ini gue pengin sedikit cerita tentang salah satu hobi gue: gambar.

sebenernya gue udah mulai hobi nggambar itu dari kelas enam sd. gue inget banget dulu gue sering nggambar disney princess yang sering dijadiin sampul buku. atau nggambar karakter-karakter yang ada di komik. waktu itu gue udah suka baca komik. dari situ gue juga sering minta dikadoin pensil warna atau cat air. gue punya temen dengan hobi yang sama, namanya yanah. pokoknya kalo gue main ke rumah dia atau dia main ke rumah gue selalu kita sempetin buat nggambar bareng. nggak lama luluslah kita dari sekolah dasar.

pas smp hobi nggambar gue makin getol gue lakuin. gue makin sering dibeliin cat ait juga. waktu itu gue sempet minta dibeliin cat minyak yah cuma gue nggak ngerti cara makenya. gue masih smp dan google belum ngetrend waktu itu. gue masih temenan sama yanah. ternyata anak ini selain hobi nggambar juga hobi nulis cerita. waktu itu gue juga ikutan nulis cerita dan bikin ilustrasi dari cerita itu.

selain yanah temen sehobi gue pas smp nambah banyak aja. yang paling gue inget namanya etik. dia lumayan jago. waktu itu kita pernah ikut lomba gitu. dan dia menang. gue enggak. :(

nggak lama luluslah kita dari smp itu.

pas sma entah kenapa gue mulai jarang nggambar. karena nggak nemu temen sehobi juga. dan rasanya gue tuh kayak nggak punya waktu buat nggambar. dari sini juga jadi jarang banget bahkan nggak pernah nggambar lagi. :(

sekarang gur mulai tergugah buat menekuni hobi gue ini lagi setelah bertemu sama temen yang kuliah  jurusan pendidikan seni rupa UNY. perbeberapa bulan ini gue udah menghasilkan beberapa karya yang jauh dari sempurna.


foto di atas itu adalah doodle kedua gue. yah semua berawal dari doodle. tapi gue nggak inget persisnya kapan dan diaman gue mualai lihat doodle dan tertarik buat bikin yang begituan. gue pun mulai ngumpulin informasi dari berbagai sumper. google, instagram. blog, dan youtube. yes youtube bisa dibilang adalah guru gue dalah hal-hal kayak begiinian. gue mulai gambar setelah liat beberapa tutorial dari youtube. that was really helping!

foto di atas itu ceritanya gue salah beri drawing pen malah kebeli pena yang buat nulis di ohp. dan karena permanen jadi deh gue coret-coretin di casing pena. mwahaha ini mah berdaya jual. ayooo siapa yang mau beli kayak ginian dari gue?

foto di atas itu pas gue sama temen gue (yang anak pendidikan seni rupa UNY itu loh) pas ke pameran bienalle di taman budaya jogja. karena temenan sama anak seni gue jadi sering diajak ke pameran-pameran. gue sih seneng-seneng aja. ^^

foto-foto di atas itu adalah beberapa karya gue dengan beberapa style. yup gue udah nyoba beberapa style dan masih mencari kecocokan.

dan akhir-akhir ini gue lagi keranjingan gambar digital. gambar digital ini perlu menguasai beberapa aplikasi diantaranya photoshop, coreldraw, paint tool sai, dan adobe illustrator. dan gue. jangan tanya gue ngeri apa enggak make software-software itu.  blass nggak ngerti men. lagi-lagi gue belajar dari youtube. selain itu juga gue mengunjungi perpustakaan kota buat nyari-nyari buku panduang aplikasi-aplikasi itu.  and thats rally working men. see my progress!

dua foto diatas dibuat make photoshop dan bener-bener belum ngerti tool-tool yang harus dipake buat ngewarnain tuh apa aja. alhasil itu suma dicoret-coret make brush tool. :|

foto diatas sebenernya adalah foto yang terus di-trace ke line art make paint tool sai. kemudian diolah make photoshop kayak gini.
nah kalo foto diatas itu niatnya sih pengen make gradient tool buat ngewarnain, tapi nggak tau caranya. jadi gitu deh :|

foto di atas itu udah main layering di photoshop. bisa jadi gitu juga gara-gara nonton tutorial dari youtube.

gimana perkembangan gue?

gue mikir nggak papa kali gue nggak kuliah di jurusan seni rupa. toh buat belajar nggak cuma dari kampus dan dosen. tuh buktinya gue dapet guru/dosen yang nggak ribet sama sekali. youtube. yes.

so guys kalo kalian punya hobi tapi nggak tau gimana cara ngermbangin hobi kalian. google it! karena google hampir tau semuanya, yaaah kecuali jodoh sama ajal kali yak hehe :D karena selain nggambar gue juga punya hobi lain dan guru gue juga masih google dan youtube.

tetep semangat buat kalian yang senasib sama gue-baru nyadar passion pas udah terlanjur tiga semester kuliah-karena ilmu itu bisa di dapet di mana aja guys.

Komentar

  1. Wah belajar gambar juga mbak? Tapi manual drawing ya. Semangat mbak!

    BalasHapus
  2. Inget banget dulu waktu SD kamu sering gambar princess2 gitu :)

    BalasHapus
  3. Wuidih gambarnya keren-keren.
    Emang bener banget nih kalo temen sehobi adalah penyemangat buat nyalurin passion kita.
    Eh, ini satu jurusan dong ya sama kuashitam.com ? hha

    KAK, GAMBARIN GUE BISA KALI KAK :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. SINI GUE GAMBARIN TAPI KALO MUKANYA JADI ANCUR GUE NGGAK NAANGGUNG YAK!!! :D

      Hapus
  4. waaaw keren-keren. penanya unyuuu sangatlah ;D

    BalasHapus
  5. kamu tuh orang jogja juga to? belum pernah ikut kopdar ya? pantesan mukanya asing :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya maafin aku :'( aku emang kurang aktip di grup KK. ini aja lagi liburan mangkanya rajin ngeblog --"

      Hapus

Posting Komentar