Aku Ingin Bebas

Aku bukan fetus yang berenang dalam placenta. Tidak ada batas gerik, endometrium. Belenggu tali pusat sudah lama lepas dari tubuhku. Aku makan apapun bukan darah ibuku. Berjalan, melihat, mendengar dan tidur sempurna tanpa cacat.
Tapi aku ingin bebas.
Aku bukan seorang kriminal. Bepergian tanpa rangkaian kabel yang melilit tubuh. Aku tidak pula meringkuk beku dalam petak tiga kali tiga meter. Belum pernah gelang kembar menghiasi pergelanganku. Ke kampus, bank, supermarket tanpa kekhawatiran tiba-tiba disergap.
Tapi aku ingin bebas.
Ayah tidak memingitku seperti gadis-gadis lugu jaman dulu. Aku bebas memilih siapa yang akan menahkodai kapal kehidupanku. Aku bisa saja memimpin sebuah perusahaan paling maju sekalipun, bahkan sebuah negara. Tak ada beda aku dan makhluk berjakun yang bertebaran di dunia ini.
Tapi aku ingin bebas.
Aku ingin bebas atas sesuatu yang tidak membelenggu.
Aku ingin bebas atas kurungan yang terbuka.
Aku hanya ingin bebas atas apapun itu.
Aku hanya ingin bebas. B E B A S.

Komentar